Perbedaan kualitas percetakan

Posted on March 10, 2011

0


2.3.2.
Tinta
Printer jenis ini menggunakan tinta sebagai media pencetaknya. Head yangdigunakan adalah jenis head yang mengatur keluarnya tinta sesuai dengan hasilcetakan. Head jenis ini biasa disebut cartridge.Printer yang menggunakan tinta sebagai media pencetaknya adalah printer inkjet, deskjet (produk HP) dan bublejet (Produk Canon).
2.3.3.
Toner
Printer jenis ini menggunakan toner sebagai media cetaknya. Toner adalahbubuk yang digunakan sebagai pencetak dengan cara di ³taburkan´ pada mediacetak (seperti kertas) sesuai dengan hasil yang akan dicetak, lalu dipanaskanmenggunakan cahaya. Prinsip kerja seperti ini juga dilakukan oleh mesin fotocopy.Printer yang menggunakan toner sebagai media pencetaknya adalahPrinter HP laserjet 6L, dll.
2.4.
Teknik Cetak
Berdasarkan teknik cetak, dikenal dua macam printer yaitu impact dan nonimpact. Impact adalah printer yang melakukan teknik cetak dengan cara menekan(memukul) jarum head ke pita, sedangkan non impact ialah printer yangmelakukan teknik cetak dengan cara menyemprot, termasuk jenis ini adalahprinter inkjet dan toner.
2.5.
Jenis koneksi
Jenis koneksitas printer terdiri dari:1.
Parallel PortParallel port adalah jenis koneksitas awal/pertama yang disediakan olehcomputer untuk melakukan koneksi dengan printer. Parallel port terdiri dariport yang memiliki 25 pin (DB25). Masing-masing pin memiliki fungsi yangberbeda. Diantaranya ada yang memiliki voltase, ground, output data dan
Posted in: Artikel